Kunjungan Plasma RG UNS ke Centre for Plasma Research UNDIP

Pada tanggal 21 Desember 2016 anggota Plasma Science & Tech. RG UNS melakukan kunjungan ke Centre for Plasma Research (CPR) UNDIP. Kegiatan ini bertujuan untuk saling bertukar wawasan serta menimba ilmu khususnya dibidang teknologi plasma yang telah lama dikembangkan oleh CPR.

Kunjungan Ke Lab Terpadu UNDIP

Rombongan Plasma Science & Tech. RG UNS diterima oleh Dr. Muh. Nur, DEA di Laboratorium Terpadu UNDIP yang dilanjutkan dengan pengenalan Lab serta produk yang tengah dikembangkan oleh CPR berupa mesin plasma ozon untuk pengawetan bahan pangan seperti cabai dan bawang. Inovasi produk tersebut diharapkan dapat membantu permasalahan petani yang mengeluhkan produknya cepat membusuk/rusak ketika didistribusikan.

Kunjungan Ke Lab Terpadu UNDIPPengenalan Alat Plasma OzonPengenalan Alat Plasma Ozon

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UNDIP dalam rangka Focus Group Discussions (FGD) bersama Kepala Departemen Fisika UNDIP, segenap Dosen pengampu serta Mahasiswa. Dalam FGD ini masing-masing mengenalkan profil Research Group dan Departemen, yang meliputi juga perkembangan riset yang sedang dilakukan. Selain itu, masing-masing juga bertukar pikiran mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan riset. Diharapkan dari FGD ini dapat menginisiasi terbentuknya komunitas periset Plasma baik skala lokal Jawa Tengah, maupun Nasional kedepannya.

Focus Group Discussions  Focus Group Discussions Focus Group DiscussionsFocus Group Discussions Focus Group Discussions Focus Group Discussions

Kegiatan selanjutnya ialah tur lab di lingkungan Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UNDIP diantaranya Laboratorium Plasma dan Laboratorium Optik.

Tur Lab Dept. Fisika UNDIP pc210547 pc210554 pc210543 pc210549 pc210561 pc210576

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar